Dreamy Backpacker: Rincian Biaya 12 Hari Pertualanganku Di Jepang

24/04/13

Rincian Biaya 12 Hari Pertualanganku Di Jepang






Rate per 20 Maret 2013
¥ 1 = Rp 101.80  
RM 1 = Rp. 3,175
Murah atau masih agak mahal? Tenang aja teman, masih banyak ruang untuk berhemat. Di sini aku coba memberikan siasatnya:
  1. Selalu monitor promo maskapai penerbangan. Pilihanku Air Asia. Tiket termurah yang pernah aku lihat Jakarta-Tokyo PP Rp. 2,4 juta. Terbang pada low season juga bisa jadi  pilihan. Peak season di Jepang antara bulan Maret-April (Musim semi) dan Oktober-November (Musim gugur).
  2. Penginapan merupakan salah satu hal yang paling sulit dihemat. Harga terendah untuk 1 bed dormitory sekitar Rp.190.000 (Tokyo), Rp. 184.000 (Kyoto) dan Rp.155.000 (Osaka).  Semakin dekat akomodasi tersebut pada tempat wisata atau pusat kota maka akan semakin mahal. Oleh karena itu, hostel yang agak di pinggir kota bisa jadi pilihan bagus. Penginapan bisa dipesan via www.hostelworld.com atau www.hostelbooker.com
  3. Transportasi menyumbang persentasi paling besar dalam hal pengeluaran. Pemerintah Jepang sangat menyadarinya, maka di sana para pelancong diberi banyak pilihan untuk tiket diskon transportasi di antaranya JR Pass, Seisun 18 Kippu, One day pass dan Kansai Thru Pass. Info mengenai plus minus tiket - tiket ini akan ada di tulisanku selanjutnya.
  4. Pilih tempat wisata yang gratis. Ada beberapa tempat yang tidak perlu tiket masuk. Bahkan di Nara, terdapat taman yang gratis tiket masuknya khusus untuk orang asing. Menikmati Tokyo Tower, Taman Ueno, jalan-jalan di Ginza, Asakusa, Harajuku, Shibuya semua itu tanpa biaya. 
  5. Jepang merupakan surga kuliner. Enak tak perlu mahal bukan. Makanan khas yang murah bisa dinikmati di Nakamise Tokyo, Dotonbori Osaka dan Tennoji Osaka 
  6. Kalau ingin lebih irit lagi dalam hal makan dan minum, manfaatkkan dapur hostel dan beli bahan makanan di supermarket yang sudah mau tutup. Biasanya banyak diskon. Untuk nasi putih bisa beli di 7eleven atau lawson seharga 100 yen per kotak plastik. Kemudian, air kran tersedia di banyak tempat, jadi ingat untuk selalu membawa botol plastik. Tambahan lagi, dapur hostel menyediakan teh hijau (macha), gula, garam dan air panas gratis.
Selamat berhitung dan selamat jalan - jalan :)

Update!! 

Rincian Biaya Solo Backpacking Jepang - Korea 2016



264 komentar:

  1. wah.. keren keren. keren.....
    bagus banget ini sist, ane jadi tau gambarannya biayanya. wkwkwkk tengkyu bermanfaat banget bagi ane (bayangan ane ke jepang selama ini seminggu itu 15 jutaan)
    nais share

    oh iya salam kenal ya ^_^

    BalasHapus
  2. Sama - sama kang Alfian..:) Aku seneng banget kalo tulisanku ternyata berguna. Semoga mimpinya terwujud ya.. Ganbatte +_O

    BalasHapus
  3. nice info..
    kebetulan januari taun dpn saya mau k jepang tapi masih bingung nyari hotel dimana n kemana aj soalnya saya cuma 5 hari disana..
    boleh minta sarannya mending kmna aja n hotel nya?
    terimakasiiii

    BalasHapus
  4. dear elvan,
    mau ke kota mana? Kalo Tokyo bisa ke Asakusa Smile atau Kyosan Asakusa. Kalo Osaka nginap di Peace House Showa atau hotel2 di daerah tennoji..
    Kl budget ketat, bisa jalan2 ke museum2 gratis,Tokyo Tower atau jalan2 terkenal di Tokyo...btw main ke akihabara selain gratis juga seru :) Tapi kalo budget berlebih, jangan lupa cobain waterbus ya..
    Kl di Osaka, yang gratis Osaka Castle, Tennoji Tower. Trus main deh ke Kyoto dan Nara..
    If you need more information email me aja dreamy.tm(at)gmail.com

    regards

    BalasHapus
  5. Nice share... Terima kasih atas infonya, mungkin buat saya bingung adalah ketika saya pertama kali menginjakan kaki saya ke sana. planing saya berangkat januari tahun depan, sudah musim salju disana ya. saya benar-benar buta untuk di sana. Hhihihi.. rencana perjalanan saya cuma 4hari 3malam. need info donk, kalau dari tokyo ke Hokkaido itu naik apa ya ? katanya disana salju nya lebih tebal dari pada di tokyo. Trus untuk penginapan disana, yang masuk budgeting di kisaran berapa ya ? hehhe.. Terima kasih atas info nya :).

    BalasHapus
  6. Ayo dapat O-Mikuji nya apaan ???? ceritakan dong .... PENASARAN #kepo

    BalasHapus
  7. @andreas Pedro: Naik Night Sleeper Train Cassiopeia. Hayate atau Hokutosei.. Harga tiketnya sekitar 23.000 sampai 44.000 yen dan makan waktu sekitar 16 jam. Kalo harga hostelnya sekitar 300rb- 400 rb. soal salju, menurutku kemungkinan besar lebih dingin dan turun salju karena posisinya di utara.

    cumilebay.com: kasih tau gak ya.. rahasia deh.. takut khasiatnya kurang.. :P

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Mba, mau nanya nih. Itu yg gratis2 kek di Tokyo Dome itu beneran gratis atau mas disponsori ya? Kalo saya perhatikan kayanya itu di perkotaannya saja ya?

    Saya sebenarnya mau nyari tau kalo sampe ke pedesaan2 di pegunungan itu berapaan. Apakah mba jg sudah pernah ke tempat2 seperti desa2 begitu? Soalnya the best place in Japan menurut saya ya di pegunungan! :D

    Makasih sebelumnya, mba, hehe.

    BalasHapus
  10. gratis soalnya cuma menikmati area luarnya ajah.. hanya buat foto2.. aq belum pernah ke pedesaan tapi kalo gunung aku pernah ke hakone.. itu termasuk salah satu kaki gunung fuji.. indahnya tak terkira :) Btw aku pernah nyicipin suasana pinggiran kota Osaka, duduk2 manis di depan TK sambil ngobrol ama penduduk pakai bahasa isyarat :p

    BalasHapus
  11. Asli aku pengen Travelling ke JJJEEEEEEPPPPPPAAAAAAAANNNNNNNNGGGG :-( ...ngumpulin uang dulu buat kesana ...semangat!!!!

    BalasHapus
  12. semangaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat!!!! GANBATTE!!!!

    BalasHapus
  13. wah seru banget nih, rincianya juga sangat membantu :D
    kalau kira2 cuma 5 hari(termasuk perjalanan), rekomendasinya gimana y? cuma bisa cuti max 5 hari :(
    kalau bisa sekalian rekomendasi tempat yg bagus, enaknya di sekitaran tokyo atau osaka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl mau 5hari sebenarnya mepet bgt si..mau 2 2nya juga bisa..sama2 bagus kok..tp kl ente mau lebih klasik y di osaka trus ke kyoto deh...kl tokyo modern bgt kotanya..tergantung pilihan anda...kl mau nyobain shinkansen ya monggo(tiketnya 1,8juta) kl mau naik pesawat lebih murah skitar 600rbuan..selamat berlibur..(mohon kl ane salah dikoreksi nya om admin)hehehe

      Hapus
    2. bener kl dhani, kl cari yg modern pilihannya Tokyo tp kl cari yg tempo dulu Kyoto pastinya. Tapi untuk shinkansen kl mau murah bisa naik yg Kyoto-Osaka 140.000 saja... :))

      Hapus
  14. aq jg cuma cuti 5 hari lho.. 5 hari + 4 hari (2 kali sabtu minggu) + 1 hari tanggal merah + 2 hari ijin sakit = 12 hari.. hehehe

    kayaknya agan suka anime ya? kalo iya bisa ke Akihabara (Tokyo) dan Denden Town (osaka). Kedua tempat ini surganya penikmat anime dan toys.. lagipula kalo uang cekak, wisata mata aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe tau aja kalau suka anime :P

      owh gitu y? ini mungkin aku cuma bisa mentok 6 hari, itu aja udah termasuk sabtu minggu, dikurangin perjalanan 2 hari jd mungkin bisa jalan" 4 hari. kalau refrensi tempat menginap punya?

      Hapus
    2. kalau di Tokyo, ke asakusa smile aja.. ga terlalu rame lingkungannya dan suasananya masih Tokyo jaman dulu..

      Hapus
  15. semoga aja disana ada banyak yang bisa pake bahasa Inggris, jadi gak perlu repot-repot buka kamus :3 heuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener om...tp biasanya yg bisa bahasa inggris malahan orang tua...hadeeh..yg muda nya make bahasa jepang...dtanya english jawabnya ttp jepang..hahaha...kaga ngerti saya

      Hapus
  16. Aku juga g bisa bahasa jepang, dan sayangnya masih sedikit orang sana yg bisa bahasa Inggris.. Tp lebih baik kalo sebelum berangkat belajar sedikit ttg bahasa jepang. Kalimat yang paling aku hapal adalah Subway doko desu ka? (subway dimana?) & ikura desu ka? (harganya berapa?)

    BalasHapus
  17. mbak, nanya donk.. kalau cara nawar disana gimana ya? terus yang pas banget buat oleh-oleh dan nggak nusuk kantong, apa aja? rencana mau kejepang dibagian kaminarimon, shibuya, akihabara, yokohama
    terimakasih,

    BalasHapus
  18. kl aku jarang nawar disana, soalnya rata2 dah harga pas. trus kalo mau beli oleh2 yang paling murah adanya di toko 100 yen semacam Daiso dll, ada banyak banget disana, dan barangnya unik2.. :)

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. saya berencana hanya ingin melihat hanami di sekitaran bulan maret-april nanti mbak, tidak lama2 karena waktu saya tidak banyak, dan biayanya pun akan lebih banyak jika terlalu lama di sana, saya ingin pergi ke kyoto. apakah
    apa ada pencerahan mbak?
    terimakasih ya, :)

    BalasHapus
  21. pen banget kejepang, semoga taon depan bisa kesana, setiap nonton dorama jepang pasti bayangin nanti bisa kesana, .,.

    Japan I'm coming :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aq pas mau kesana dah ngebayangin ketemu hideyaki takizawa tp g kesampaian.. makanya tahun depan Insya Allah kesana lagi.. #alasan

      Hapus
  22. Makasih infonya ya... Jadi ada bayangan deh perlu berapa buat liburan plus jalan2 di Jepang. Heheee
    Ngomong2 ini jalan-jalannya sendiri aja ya ga pakai guide gitu. Hmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku jarang banget pake Guide apalagi travel agent.. rencanain semua sendiri aja, lebih repot sih tapi menghemat biaya plus kita jadi lebih tahu tentang tempat yang kita datangi

      Hapus
  23. Kak Arum, thx loo infonya.. kak, kmrn di Ueno Park, sakuranya sdh mekar semua? btw, sakura itu mekarnya tanggal berapa yaa..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://www.jnto.go.jp/sakura/eng/index.php cek disitu ya... Biasanya akhir maret atau awal april..

      Hapus
  24. @denny:
    Mencari waktu yang pas untuk menikmati Hanami di Jepang memang gampang-gampang susah.. Coba pelajari di http://www.jnto.go.jp/sakura/eng/index.php. Biasanya akhir maret atau awal april. Setiap tahun berbeda..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl mau nikmati hanami ??? mau dimana dulu lokasinya??soalnya setiap daerah beda2..sakura mekar itu dr selatan ke utara(musim semi)..saran saya kl mau di osaka.pergi ke daerah expo 70...trus kl mau ditokyo pergi ke ueno park...selamat berlibur

      Hapus
  25. mau tanya, dari budget dan itinerarynya disini... berarti nggak pilih JR pass ya? lalu gunanya pasmo itu untuk apa? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya gak pake JR pass, karena kalo dihitung-hitung agak mahal. Pasmo itu digunakan untuk pembayaran transportasi di wilayah Tokyo.

      Hapus
    2. mau donk ke jepang.,.
      tapi bingung mulai dari mana.,.
      bantu kasi info ya?

      Hapus
    3. Mulai apa? Rencanain perjalanan? kalau aku intinya pengen ke Jepang dan dimulai dari Tokyo dan Osaka, kemudian cari banyak informasi mengenai kota itu dan mulai arrange budget, itin. :)

      Hapus
  26. Great info..Gmna caranya bisa dapatkan tempat yang gratis? ada planning lagi nga dreamy backpacker to ke jepan lagi di tahun 2014.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedang menabung lagi, semoga tahun depan bisa ke Jepang lagi, tapi kali ini pengen ngrasain uutumn di Kansai Area, terutama Kyoto.. :)

      Hapus
    2. Sebenernya kalo tempat gratis itu bisa diakali, seumpanya untuk Osaka Castle itu tidak perlu bayar, tapi kalau ingin masuk ke Main Castle nya harus bayar 500 yen. Nah aku pilih untuk tidak masuk ke Main Castle.

      Hapus
  27. hi.. provider hp enakan pake punya sana atau dari sini aja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl mau bisa make provider lokal kok..tapi tarifnya roaming,,ane make indosat aja 7000/sms..bisa make free wifii spot..asal dihpnya mempuni..wifii juga bisa buat aktifin BBm ente juga kok..(hidup gratisan)/..kl mau bayar bisa beli paket internet dsana semacam voucher..buat login area wifii yg bayar...oia kl mau signal ente aktif wajib hukumnya hp ente 3G,,,kl ga 3G ya gabisa nerima signal kecuali make wifiian...cara ini dpakai kl ente ga mau make hp lokal ya(sewa)..oia kl mau beli hp dijepang tanya apakah hp itu bisa unlock apa ngak..soalnya hp dsana murah2...selamat berlibur

      Hapus
  28. Kalau untuk waktu yang lama, saya sarankan sih pakai provider Jepang semacam Softbank. Disana banyak fasilitas free wifi untuk pengguna softbank. Jika hanya 1-3 hari bisa menggunakan XL yang bebas internet and bebas roaming blackberry selama 3 hari. Tapi harus hari-hati, karena setelah waktu gratis habis maka dikenakan Rp350/10KB sampai dengan maksimum Rp25.200/hari.

    BalasHapus
  29. mba kalo buat tiket kreta, bus dll dari tokyo itu belinya dimana? trus caranya isi ulang bagaimana? trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tiket kereta dari Tokyo itu bisa di dapatkan di semua stasiun JR. Tapi kalau mau beli tiket bus antar kota, naik Willer bus aja. Ni yang paling murah. Sistem pemesanan online kok, terus bayar di lawson terdekat atau bisa juga pakai kartu kredit. linknya disini ::>> https://willerexpress.com/en/

      Hapus
  30. mbak klo mw ke bamboo groove arashiyama kyoto transportasinya gimana ya? klo bisa pake bus aja sih biar bisa pake one day pass heheee thanks infonya mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pas kesana aq pake kereta sih turun di Arashimaya Station. Tapi kalau berdasar buku Lonely Planet, pedomanku, kamu bisa naik bus no. 28 dari Kyoto Station dan turun di Arashimaya. Nanti dari situ jalan saja.

      Hapus
  31. Mau tanya , untuk urus visa harus ada rekening koran min 50jt ?? Atau gmn ya ?? Aq selalu bingung di Visa nya ...
    Mohon pencerahannya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak perlu sebanyak itu.. Temenku yang blank passport aja, di tabungannya ada 25 juta, lolos kok.. Kalau aku malah 15 jutaan... Tapi sebenernya gak ada ketentuan mengenai jumlah saldo, secukupnya aja.. :)

      Hapus
  32. Kakak mau tanya ?? :D
    Kira2 kalau ke jepang hanya bermodalkan bahasa Inggris, nggak kesasar yah kak ??
    soalnya pengen banget ke jepang dan masih tahap menabung .. :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga bermodal bahasa inggris dan bahasa jepang yang sangat terbatas. Berhubung bahasa inggris kurang berguna, aku pakai bahasa tarzan. Lumayan berhasil kok.. hehehe

      Hapus
  33. Kaka saya mau bertanya ?
    Misalkan kalau kita sudah sampai jepang terus kita menikah dengan wanita jepang disana, apakah kita bisa tinggal selamanya disana kalau kepingin tinggal disana. tolong infonya kaka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara garis besar hampir semua negara sama. Menikah dengan WN jepang misalnya, tidak otomatis kita bisa tinggal di Jepang selamanya. Kita harus melalui banyak proses. Kemungkinan yang kita dapat itu, visa tinggal sementara atau tetap. Tapi sekali lagi kebijakan pemberian visa itu tergantung pertimbangan pemerintah Jepang.

      Tapi kalau alasan menikah dengan orang Jepang hanya untuk tinggal selamanya disana, menurutku agak susah dikabulin..

      Hapus
  34. Wah seru seru . jadi pengen segera nabung buat ke jepang . haha. kapan ke jepang lagi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada rejeki, insya Allah tahun depan.. :)

      Hapus
    2. mau donk om bareng. ama yg berpengalaman. boleh minta kontaknya :D

      Hapus
    3. Follow Twitter aja @ArumIsDreaming... :)

      Hapus
    4. Halo, kita mau rame2 backpacking bareng liat sakura di tokyo-kyoto-osaka 6-13 april 2014. Rencana dan biaya bs dilihat di fotokimono.blogspot.com

      Hapus
    5. wah duit saya belum ngumpul hehehe , insya allah secepatnyaa kita berangkat bareng . haha

      Hapus
  35. gila gan, ane makin termotivasi pengen kesananya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapan lagi mau ke Jepang ?
      sapa tau kan bisa bareng. hehehe
      kalau ngurus VISA bagusnya, VISA apa ya Kak Arum. :-)

      Hapus
    2. Halo, kita mau rame2 backpacking bareng liat sakura di tokyo-kyoto-osaka 6-13 april 2014. Rencana dan biaya bs dilihat di fotokimono.blogspot.com

      Hapus
  36. Dijual voucher hotel IBIS TOKYO SHINJUKU utk 1 mlm 2 org incld. breakfast (valid until 31 Jan 2014; black out date 31 Des 2013 n 1 Jan 2014). Harga 1,5 IDR. Minat? Add pin 746969A3

    BalasHapus
  37. kak ane masih kurang ngerti dengan masalah provider
    harus gantikah kak ? terus caranya gimana kalau harus ganti ?
    minta infonya ya kak. soalnya ane mau ke Jepang akhir tahun 2014. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya sih g harus ganti hanya saja roamingnya Agak mahal.. kl mau ganti pake provider lokal mereka biasanya menyewakan mini SIM card yg buat IPhone.

      Hapus
    2. Jadi kalau saya pakai Telkomsel masih bisa ya. asal ada jaringan 3G ?

      Hapus
    3. Masih bisa kok... Kalo internet, nyari gratisan WiFi aja di Starbucks atau stasiun Subway ato MRT.. hehe..

      Hapus
  38. thanks bgt sist infonya.... aku pengen bgt k jepangggggggggg!!! rencana aku sma teman aku 2 org mau liburan ke jepang, seminggu aja sih. kalo bawa mie instan dri indonesia utk menghemat biaya makanan d sna nanti bisa tak sist?
    oh iya sist, follow back ya sist d twitter @Aida_Yie. soalnya banyak yg mau aku tanyain xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kupikir sih g usah bawa,bikin berat.. sebenarnya kalo makan di Yoshinoya 30 dah kenyaaaang bgt.. yg perlu ati2 budgetnya adalah jajan. Kadang kalo udah liat makanan unik pengen beli, padahal Mahal. ditunggu pertanyaan yg banyak itu y sist..

      Hapus
    2. aku mau ke Jepang, tapi nd ada teman.
      kalau mau ke Jepang kabar kabaran dong, sapa tau kan bisa bareng kesananya. hehe

      Hapus
    3. Mungkin tahun depan, aku berencana kesana lagi.. Insya Allah...

      Hapus
  39. Pengen banget ke jepaaaaaaannggggggg!!! Ada yg rencana backpack kesana gak taon depan? Ane ikut nimbrung dong agan2 sist2. Harus ada yg udah pengalaman ke jepang nih buat pemula. Plissss gue ikut yahhhh:( follow ane di twitter yah yg punya rencana tahun depan ke jepang hehe arigatou gozaimashta :) @pinmarvin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah musim semi tahun depan ke Kyoto. Tp mungkin baru bulan Juni tahun depan mulai perencanaannya.. :)

      Hapus
    2. Halo, kita mau rame2 ke jepang utk sakura hanami (acara melihat sakura) 6-13 april 2014 di tokyo-kyoto-osaka. Rincian biaya dan perjalanan bs dilihat di http://fotokimono.blogspot.com/2013/11/mau-liburan-ke-jepang-bacpacking-bareng.html

      Hapus
  40. Sakura, salju, dan kuliner2 jepang yg cuma bisa diiliat di komik. Ahhh pengen bener. Tpi masih nabung2, buta kalo masalah travelling. Bahkan ke bali aja belom pernah haha.

    BalasHapus
  41. Kak Arum, insya Allah tahun 2014 atau 2015 aku dan teman punya rencana ke Jepang. Kira2 bagusnya pas lagi musim apa ya kak? Dan di tahun 2014 atau 2015, budget yang diperlukan berapa, include Pesawat PP?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo sis, kita mau rame2 ke jepang utk sakura hanami (acara melihat sakura) 6-13 april 2014 di tokyo-kyoto-osaka. Rincian biaya dan perjanan bisa dilihat di fotokimono.blogspot.com

      Hapus
    2. kira-kira berapa hari? kalau sekitar 5-7 hari, kupikir 10 juta udah cukup.. tapi tetep pantau kalau ada promo penerbangan ya...

      Musim kunjungan terbaik Jepang memang ketika musim semi (Sakura) dan Musim Gugur. Untuk melihat sakura, harus pas banget milih tanggalnya. karena mulai dari kuncup sampai gugur, hanya makan 14 hari. Jadi salah pilih tanggal perjalanan, bisa-bisa gagal lihat sakura. Tapi kalau untuk musim gugur, kita lebih fleksible, karena biasanya berlangsung kurang lebih 2 bulan di bulan Oktober dan November.

      Hapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. Halo teman, kita mau rame2 backpacking bareng liat sakura di tokyo-kyoto-osaka 6-13 april 2014. Rencana dan biaya bs dilihat di fotokimono.blogspot.com

    BalasHapus
  44. Aku tahun dpan insya Allah mau ke Jepang lagi........dah 2x kesana pinginnya ke sana lagi. Sapa ingin bareng? Insya Allah bulan Maret 2014.....Hub aku di FB kishimototommy@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. tengkiyu gan, noted.. Tapi Insya Allah aku kesana Oktober atau November tahun depan :)

      Hapus
  45. wah bagus tu dekat akhir tahun. mungkin bisa bareng kak Arum :-)
    kak bisa minta email nya kah.
    biar bisa komunikasi. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung aja ke dreamy.tm@gmail.com . Ditunggu ya... ^_^

      Hapus
  46. Wah, kebetulan kakak!! Insya Allah, kami pun punya rencana ke Jepang di Nopember 2014. Semoga bisa bareng ya :D Tapi, cuma empat hari. Niatnya berangkat hari minggu pulangnya Rabu. Soalnya terbentur izin kerja, cuma dikasih segitu. Hehehe ...

    Oia, kak Arum. untuk kami yang pemula, yang belom sama sekali mempunyai pengalaman ke LN, apakah bisa lolos visanya. *Asli, cemas-cemas gimana gitu! Boleh share tips pengajuan visa biar lolos :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah cuma bentar ya?? Kalau aku insya Allah 10 hari.. Masih nabung ^_^.

      kalau untuk visa, mungkin blog post ku bisa membantu.. Check this ya

      http://arumisdreaming.blogspot.com/2013/04/visa-jepang-susah-rumit-mahal-salah.html

      Semangat!!

      Hapus
  47. selain jadwal dan tiket, ada yang harus di siapin dlu gak kak kalo mw k sana?
    seperti bahasa atau apa gtu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bisa belajar bahasa Jepang sebelum berangkat, itu bisa sangat membantu tapi kalau gak juga gak papa. Yang sederhana aja juga dah cukup sih. Aku juga gak bisa bahasa jepang tapi itu malah jadi petualangan sendiri. Seruuu

      Salah satu yang paling penting adalah akomodasi (hostel). rekomendasiku, cari yang di dekat subway atau stasiun kereta.

      Hapus
  48. duhhh, ini bikin super duper ngiler..
    hontou ni kakkoi na....
    arigatou gozaimasu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dōitashimashite..

      hajimimashite. douzo yoroshiku onegaishimasu

      ^_^

      ^_^

      Hapus
  49. gan, rencana mau jalan juni nih, tapi masih buta banget sama kehidupan disana, ada rekomendasi ga gan? kesana si cuma mau nonton konser SCANDAL. hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau nonton yang di Osaka ya? Soal akomodasi, kalau suka Ryokan bisa ke Peace House Showa, kalau pengen nyobain kapsul hotel, menginap saja di Capsule Hotel Asahi Plaza Shinsaibashi. :)
      talk about transportation, kalau hanya 3 hari berada di sana bisa gunakan kansai thru pass.. strongly recommended.. kamu bisa pergi ke Osaka, Kyoto, Kobe, Nara hanya dengan tiket satu ini. Lumayan berhemat.
      Kalau untuk jalan-jalan, dotonburi dan den den town di Osaka sangat layak dikunjungi. Menyusuri jalan di Osaka dan Kyoto juga sangat menyenangkan. :)

      Hapus
  50. Mbak, november taon depan aku mau ke Jepang. Tapi msh bingung dengan naik air asianya. Boleh tauk kah apa2 saja yg harus kita beli online di internet utk air asia itu. Kalau boleh aku mau tanya2 detail via email. Emailku why_ruci@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiket bisa dibeli Online atau di konter. Biasanya harga lebih murah di online. Karena Air Asia adalah Low Cost Carrier, maka untuk bagasi tambahan, pemilihan kursi, makanan, dan in-flight entertainment harus bayar lagi. Kalau aku sendiri, gak pernah beli biaya-biaya tersebut. Hanya bawa bagasi kabin 10 kg, duduknya random, bawa cemilan sendiri, dan sedia mp3 player yang full charge. :)

      kalau ada pertanyaan lain, email saja aku di dreamy.tm@gmail.com

      Hapus
    2. untuk mium bagaimana? boleh bawa dari bawah atau harus beli di pesawat? trus utk mengurus visa plg cepat berapa bulan sebelum keberangkatan? terima kasih mbak.....

      Hapus
    3. Kalau minum sih bisa beli di pesawat.. lumayan murah kok..

      Mengurus visa itu sebaiknya 2 bulan sebelum keberangkatan. Visa itu berlaku dalam jangka waktu 3 bulan setelah diterbitkan. Takutnya kalau dibuat 3 bulan sebelumnya, tidak bisa digunakan karena sudah expired.

      Hapus
  51. Sista syantik ada web gag yg jual tiket paling murah ke jepang?,,pengen banget kesana hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa check www.skyscanner,cim. di website ini kamu bisa bandingin harga tiket dari puluhan bahkan ratusan maskapai untuk dapat harga terbaik, bahkan bisa bandingin harga termurah dalam setahun penuh.

      Pantengin AirAsia.com juga recommended. :)

      Hapus
  52. Kak arum kejepangnya desember aja dooonk jadi aku bisa bareng hihihi kan asik ada temenyaaaa .. ngarep.com deh heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh, takutnya dah masuk winter.. Aku tuh gak kuat kalo travelling pas winter.. pernah aku jalan pas lagi hujan salju, yang ada malah aku cuma berdiam diri di dalam gedung yang ada pemanasnya... hihihihi

      Hapus
  53. thanks sudah sharing sis. menarik.. kapan ya bisa ikutan melancong ke japan juga hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih.. Follow twitter ya @arumisdreaming, nanti kalau aku dah matang rencananya, aku tweet deh.. :)

      Hapus
  54. Kak arum,aq jga pgn ikutan nich bareng2 k jepang soalnya udh impian sejak smp pgn ktmu takky hehehe :D
    tp bs ga ya dpt cuti soalnya kak arum 10 hri and visanya bs lolos ga ya ?????soalnya aq ga prnh k LN

    BalasHapus
    Balasan

    1. Asal tabungan cukup, visa Insya Allah bisa digranted kok...
      Kok kita sama, aku juga pengen ketemu Takky, tapi sayang sekali disana gak ketemu. Tapi banyak yang mirip.

      Hayuuukkk jalan bareng.. Rencananya aku mau bikin open trip tahun 2015. Masih lama ya?? sambil nunngu sekalian nabung.. :)

      Hapus
    2. Iya...aq gara2 takky bnyk blajar ttg jepang tp ga bnyk cma sedikit2 tp pling skrng udh bnyk yg lupa bahasanya hehehe
      Ide bagus tuch kak biar aq bsa agak bnyk nabungnya jdi bsa sedikit bwa oleh2...kbri ya kak buat rencananya...:)

      Hapus
    3. Sipp... follow twitter aja ya, kalau ada kabar2 nanti aku twit... @arumisdreaming

      Hapus
  55. hi, kakak... ^^
    infonya bermanfaat banget... :)
    makasih ya...

    rencana aku akan pergi ke Jepang Oktober/November tahun 2014...
    baca-baca kakak juga mau datang lagi ke Jepang bulan tersebut ya? bareng yuk, kak... soalnya, saya pertama kalinya pergi ke jepang... saya tidak tau apa-apa... kalau masalah di jepang sih udah gak deg-degan soalnya saya punya banyak teman orang jepang dan mereka juga siap membantu...

    siapa tau kita bisa berangkat bareng, soalnya rencananya aku pergi ke jepang sendirian... tapi kalau dipikir-pikir takut juga, saya nya masih kecil takut di culik :D hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi, mai chan...
      Aku tahun depan sepertinya hanya ke Kyoto.. Insya Allah, kalau sudah mulai preparationnya, aku mulai share via twitter ya...

      best of luck ^_^

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  56. k kra2 brp ya smw rincian biaya ke jepang mlai dri bwt paspor visa n embelnx smpai blik lg k Indonesia??
    pngeenn bgt sy kjepang tpi sy tdk tw kra2 rncian biayanx

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu semua udah semuanya kecuali bikin paspor. Untuk pembuatan paspor hanya memakan biaya 255.000 rupiah. Kalau embel2 souvenir, aku kemarin habis kira kira 1 jutaan..

      kalau masih ada pertanyaan, bisa email aku aja ke dreamy(dot)tm@gmail.com

      Hapus
  57. rincian yang diatas itu untuk 1 orang travel ? atau lebih,^_^

    BalasHapus
  58. Mbak arum, kalau saya rencana masuk dari osaka, trus ke tokyo, enaknya naik apa ya? Trus biayanya brp ya kira2? Kalo di osaka enaknya kemana aja? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. naik bus willer.. itu bus malam Osaka ke Tokyo.. harga tiketnya 4000 yen, makan waktu 8 jam. Ngirit banget deh... Di Osaka, jujur aja aku cuma explore daerah Tennoji, Dotonbori dan Den Den Town.. Oiya, satu yang wajib dikunjungin itu Osaka castle... :) Walaupun aku stay di Osaka tapi aku lebih sering jalan ke Kyoto dan Nara.

      Hapus
  59. mbak mau nanya, saya pertama kali ke jepang, klo dati osaka mau ke hiroshima iritnya naik apa ya? dan biayanya berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya banyak pilihan tapi paling murah itu naik bus antar kota yang makan waktu 6 jam. Bus yang aku rekomendasikan itu WIller. Harga tiketnya sekitar 2200 yen sampai 5400 yen tergantung fasilitas dan jam keberangkatan. Biasanya kalau overnight bus (bis malam) lebih mahal sedikit, tapi kalau diitung itung lebih ngirit, karena kita gak perlu bayar ongkos penginapan. Tiket bis ini bisa dipesan via online dan pembayaran melalui Lawson Jepang terdekat.

      jauh lebih murah dibandingkan kereta (8300 yen) yang transfer 2 kali (6 jam), Shinkansen Nozomi (9400 yen) yang transfer 1 kali (109 menit).

      Hapus
  60. Keren infony kk ^^ ...

    Kk boleh tnya g ...
    D Jepang, tempat pusat2 ny otaku berada d daerah mna? Kyk jual komik, anime", cosplayer dll gitu xD ...yaaa sekirany daerah yg ada krna kyk bnyak yg suka anime gitu d mna kk ? ... sklian minta infony hotel sama tmpat mkan d sana ... plss reply
    Thnks before ... ^-^)/"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pusat Otaku di Tokyo ada di Akihabara. Disana ada toko yang menjual segala macam pernak - pernik anime. Bahkan dijual juga action figure yang bekas dengan kondisi hampir sempurna tapi dengan harga super murah. Kalau kamu main di Den Den Town (Nipponbashi) kamu juga bisa mampir ke tokonya Anime Jungle. Disitu cukup lengkap.. Pas aku ke Jepang, action figure paling populer saat itu adalah One Piece.

      oiya kalau hotel murah, bisa cari ke daerah Tennoji Osaka.. Disana murah-murah, sekitar 1000 -2500 yen. Tapi yang bisa dipesan online dengan pembayaran paypal, paling hanya Peace House Showa. Kalau untuk Tokyo, daerah Ueno atau Asakusa juga bisa jadi pilihan hotel murah. Untuk informasi mengenai hotel nya bisa langsung cek ke hostelworld.com

      Hapus
  61. aq da rencana april/mei mau k jepang..
    tp yg msh d bingungin tu mslh visa dan itinerarynya.
    kta'y klo mo k jpg tu hrus da minimal 10 jt bru bs k sn.. pa betul tu??
    thx for info..

    krn aq nginep d dorm tmn aq jd klo 12 hr dng budget 10jt d tokyo apakah cukup??

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti kamu gak perlu ngeluarin uang untuk penginapan? kalau 10 juta itu bisa sih untuk bertahan di Tokyo 12 hari.. Kamu bikin itinerarynya satu hari satu tempat saja. Aku gak bisa memastikan bisa lolos tidaknya kalau hanya punya 10 juta di tabungan. Kalau menurutku, agak mepet banget ya..

      Hapus
  62. waah ini dia niiih.. terima kasih banget, akan sangat sangat membantu, secara pengen ke Jepang sendirian backpacker, hehe ngirit, ada yang mau bareng?

    BalasHapus
    Balasan
    1. rencana saya 10 harian, backpacker, pengennya rata, sejalan biar ngga bolak balik buang waktu (dan uang tentunya) dari bawah ke atas atau atas ke bawah ya enaknya? secara bandaranya agak ditengah2 smua (ada 3 bandara bukan yah?) mohon saran2 nya mbak.

      Hapus
    2. Yopi berangkat kapan?

      kalau mau semuanya disamperin sepertinya harus pakai JR Rail Pass. Lebih irit waktu dan baiaya sepertinya. Kamu bisa naik semua kereta JR dan shinkansen (kecuali Nozomi dan Mizuho). JR Rail Pass ini berlaku untuk 7 hari, 14 hari dan 21 hari. Harganya mulai dari 28.300 yen atau sekitar 3 jutaan.
      Kalau menurut ku kamu bisa mulai dari Kansai Airport di Osaka dan eksplore Kansai area selama 3 hari (Kansai 3 days thru pass = 5000 yen) dan 7 hari setelahnya bisa pakai JR RAil Pass. :)

      Hapus
  63. jd klo s'andai'10 jt tu utk 1minggu d tokyo msh ok kah?? soal'y rncna d sn tu cm mo nntn konser.. lol
    pa qt hrus nulis d itinerary'y tmpt konser??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau 1 minggu harusnya sih masih ok. Pada hari pas nonton konser, tulis venuenya aja di itin. :)

      Hapus
  64. hehe ada rencana juga nih :D mudah2an rate nya ga beda ama yang di atas haha
    rencana mau ke tokyo,osaka sama tempat kenalan di kanagawa

    doain yaa ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap, aku doain... Semoga lancar ya semuanya ^_^

      Hapus
  65. Membantu sekali infonya. :D
    Mba, itu rinciannya belum termasuk tax di bandara ya? apa tidak pakai tax? Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih koreksinya.. :)

      saya cuma bayar Airport tax satu kali pas di Soetta Rp.150.000. Untuk di Kuala Lumpur dan Osaka, tidak bayar karena sudah termasuk tiket. :)

      Hapus
  66. Hi...

    mau nanya yah....

    yang di minta foto copy buku tabungan atau buku tabungan asli???

    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fotokopinya aja tp bawa aslinya jg,siapa tau ditanyain..

      Hapus
  67. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  68. ooo klo nntn koser tu jg d msukin k itin yah? klo ga d msukin tu sbnr'y blh ga c??

    BalasHapus
    Balasan
    1. itin tu kan 'rencana' perjalanan, nah kl pas disananya g sesuai gpp kok. Di itinku aq tulis kl aq ke Gion, tp pas nyampe sana, g jd.. :D

      Hapus
    2. Rencana April ini pengen ke toyama,tapi ngga ada temen nya, apa ada rencana ke sana....

      Hapus
    3. hayo siapa.... silahkan bergabung dengan ayu can.. :)

      Hapus
  69. kakak kalau aq ga punya kartu kredit gimana caranya booking hostel,JR pass,bus willer express ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak perlu CC untuk memesan semua itu =

      Hostel: cari yang sistem pembayarannya pakai paypal

      JR pass bisa beli di Indonesia:

      P.T. Kayanmas Bali
      JL Bypass 1 Gusti Ngurah Rai 100x, Tuban, Denpasar 80030 Bali
      Tel: 0361-757077


      H.I.S TRAVEL WONDERLAND JAKARTA
      Mid Plaza 1 Building, BS 1st Floor, Jl. Jend.Sudirman Kav.10-11 Jakarta10220 - INDONESIA,
      Tel: 021-579-52052
      Website : http://his-travel.co.id/id


      Jalan Tour
      Wisma KEIAI, 3rd Floor
      Jl.Jendral Sudirman Kav 3-4, Jakarta
      Tel: 021-2510550
      Website : http://www.jalan-tour.com


      Japan Airlines
      Japan Airlines also sell the passes to the person who fly with them.

      Kyoei Prince Building Ground Floor, Jenderal Sudirman, Kav. 3-4, Jakarta, 10220
      Tel : 021-572-3227
      Website : http://www.id.jal.com/en/

      Bus Wller bisa pesan online dan dibayar via Lawson di Jepang.

      Hapus
  70. bang ane mau tanya...
    klo paling lama di jepang itu brp hari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk wisata setahu saya 15-30 hari.

      Hapus
  71. mau nanya dong.....

    itu di postnya dibilang akan ada penjelasan tentang kartu2 transport disana.... kok aku ga nemu ya postnya? it'll be really helpful! terimakasih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih dalam proses kang. Insya Allah dalam waktu dekat. follow Twitter aku buat update blognya ya.. @arumisdreaming.. :)

      Hapus
  72. berguna banget artikel nyah :3
    pengen kesana cuma masih bingung dengan bahasa.
    niat kesana pengen mengunjungi kawasan" muslim nya,sama kobe mosque yg katanya gak knp napa waktu gempa besar dsana.
    mohon pencerahan nya tentang kawansan muslim dsana dan biaya nya sis ^^
    nb : kalo bisa jalan" nya bareng hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. jujur saja, aq tidak begitu paham dengan kawasan Muslim di Jepang. Tidak begitu banyak info mengenai hal ini..
      tapi tahun lalu, aq berkesempatan berkunjung ke Osaka mosque. Disitu banyak masyarakat muslimnya..

      Insya Allah, April 2015 aq akan bikin open trip, apabila tertarik silahkan bergabung. Bisa langsung hubungi aq via email atau line. Terima kasih.

      Hapus
  73. Ane minta biaya normal liburan ke jepang dunk gan... :D
    Kalo diatas kan biaya hemat, nah kalo biaya normalnya gimana rinciannya?
    Masak liburan aja harus hemat sih -,-'

    BalasHapus
    Balasan
    1. sgt jarang traveling dgn normal. Kalau bisa dihemat kenapa tidak. Tapi saya coba bantu hitung untuk harga normal ya..
      Tiket Garuda Jakarta - Tokyo PP: 14jt
      Hotel bintang 3-5 : 2 - 7 juta permalam
      transportasi (taksi): 70 rb per 2 km pertama dan 40rb per 300 m selanjutnya..
      tapi saranku kalau tidak mau repot, ikut paket tour saja.
      Semoga jawabanku membantu..:)

      Hapus
  74. Salam kenal..
    Saya Anggi.


    sy rencana berkunjung ke Fukuoka.
    Akan tetapi, sy hny naik pesawat sampai Osaka.


    Apakah Km punya pilihan rute menuju ke Fukuoka???
    Enaknya naik apa dari Osaka ke Fukuoka?

    Pesawat/kereta/bis/limo saja?????

    mohon info.jk sy ingin berkunjung ke beberapa tempat dlu di Osaka, dr Bandara Airport Osaka,,,naik apa yah ke tempat wisata terdekat???


    mohon infonya.makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau nanya enaknya, pasti jawabannya pesawat. Tapi kalau nanya murahnya, pilihannya bus malam. Bisa booking via willerexpress.com
      kalau dari kansai airport, saya agak kurang paham.. sepertinya agak jauh.
      kalau sampai Osakanya pagi, saya sarankan taruh barang di Osaka station lalu jalan2 di dotonbori dan Osaka castle. Setelah itu naik bus willer ke fukuoka..:)

      Hapus
  75. Manteb banget infonya, jadi kalo dana 20 jutaan udah cukup ya, 25 juta buat 2 orang gituu.... oke okee manteb...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung itinerary nya. Rincian saya tersebut diatas terhitung sangat mepet. Untuk kesana, sebaiknya persiapkan data lebih dari itu, untuk jaga - jaga.

      Hapus
  76. Hi, saya mau tanya untuk point no 3 tentang transportasi di Jepang. Katanya kamu mau mereview plus minusnya, sudah belum ya? Saya cek di link-link selanjutnya tidak ada atau mungkin saya yang kurang teliti.
    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas perhatiannya. Saya usahakan sesegera mungkin. Akhir2 ini, agak sibuk dengan pekerjaan. Silahkan follow Twitter saya untuk update posting blog. Terima kasih. :)

      Hapus
  77. Haii... mau tanya.. penting ga kita membeli JR Rail Pass jika ingin backpacker selama 8 hari disana,,
    terimakasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii,

      tergantung itinerarynya.. kalau ingin menjelajahi jepang dari ujung ke ujung, saya sarankan beli.. tapi kalau hanya di sekitaran Tokyo dan Osaka, kayaknya tidak perlu.. dimantapin itinnya dulu aja, baru putuskan beli atau tidak. :)

      Hapus
  78. Asslm infonya sangat bermanfaat Mba, insya Allah tgl 22 agustus saya akan ke jepang. Mohon info alamat hostel murah dan bersih mba, didaerah Tokyo dan Osaka. Kalau saya punya waktu 6 hari baiknya saya kemana saja y MBA. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk hostel bisa cek di www.hostelworld.com. Kalau hostel saya lebih suka di pinggir kota yang agak sepi. Tokyo di Distrik asakusa atau ueno, Osaka di nishinari dan tennoji.
      hanya 6 hari y, tergantung sukanya apa sih.. kalau suka alam, bisa hiking gunung Fuji dan explore pinggiran Kyoto. Kalau suka anime atau otaku, pastiin mampir akihabara, odaiba, ghibli museum, (Tokyo), den den town, comic cafe, (Osaka). Kalau suka budaya, explore habis Kyoto deh..

      semoga berguna..:)

      Hapus
  79. Mba Arum..

    Mohon numpang tanya, jika kita hanya disekitaran tokyo saja apakah ada tiket kendaraan yg dpt kita beli secara harian, atau yg dpt kita isi ulang seperti di hong kong (octopus)? atau hanya ada tiket yang dibeli secara terpisah (misal jika mau naik bis/kereta dari 1 tempat ke tempat lain kita hrs beli) karena sepertinya utk JR Pass hrgnya cukup mahal, sepertinya kami tidak berencana untuk membelinya, apakah JR pass itu dpt digunakan pada semua provider kendaraan (selain mizuho dan shinkasen) rencana kami ber4 akan mengunjungi 2 atau 3 lokasi wisata dalam satu hari...

    itienary kami untuk menghemat biaya sepertinya sebagian ingin ikut itienary mba arum saja, hehe.. apakah jika seminggu disana akan memerlukan banyak biaya transportasi?

    mba arum, untuk penginapan, apakah ada hostel yg menyediakan kamar utk ber4, tdk campur dgn tamu lain, karena kami sempat browsing bbrapa situs penginapan, rata2 penginapan disana bentuknya dorm berisi 8 org, dan apakah setiap hostel memiliki fasilitas pantry dgn air putih free? mgkn bs beri kami saran..

    Terimakasih sebelumnya mba :)



    BalasHapus
  80. Kalau untuk transportasi di Tokyo baca baca posting ku ini ya "Bermain Siasat Dengan Transportasi di Tokyo". Disitu insya Allah komplit, Tapi kalau ada yang mau ditanya, silahkan.

    Kalau biaya transportasi, tergantung rencana perjalanannya. Kalau tidak terlalu padat, bisa lumayan irit.

    Untuk, penginapan hampir sangat jarang yang private ber 4. Biasanya kalau private itu untuk ber 2 dan untuk dormitory biasanya untuk 6 - 12 orang. Oiya, untuk pantry, biasanya ada green tea gratis, air panas, gula dan garam. Bahkan kadang ada minyak goreng. Untuk air putih, air kran juga bisa diminum kok disana. Di stasiun juga ada kran air minum.

    Semoga membantu.. apabila pertanyaan lain, jangan segan ya.. :)

    BalasHapus
  81. hello mbak,saya kebetulan 24-30 mei ini tinggal berangkat ke jepang (sby-kl-haneda),bisa bagi email? mau tanya beberapa hal nih? Please reply di email saya yah,hehe adamsyn_victor@yahoo.co.id

    thanks a lot sebelumnya,salam backpacker! :)

    BalasHapus
  82. hello , salam kenal thanks infonya..
    aku mau nanya, apakah orang indonesia bisa bekerja di jepang..?
    insya allah, ane modal ilmu sama nekat doang.. hehe
    tentunya sedikit uang dong, hehe..
    tolong di jawab ya.. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kerja disana kok. Tapi harus memenuhi semua persyaratan. Info yg lebih jelas bisa hubungi BP2TKI.

      Hapus
  83. salam kenal mba arum,

    saya lihat mba ada open trip jepang periode april 2015 and saya tertarik untuk gabung.
    boleh minta emailnya mba

    thanks sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa email ke dreamy.tm@gmail.com
      ditunggu :)

      Hapus
  84. selamat siang mba arum,

    saya mau nanya nih mba hhehehe,, kalo kita setiba nya di jepang apakah barang2 elektronik yg kita bawa di periksa lg seperti kemera Ni*on profesional dll nya..
    saya kesana sih 2016 mba udah planing :D kalo 2015 ane ngejar skripsi sekitar bulan2 mekar nya sakura :"(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas, untuk barang elektronik gak pernah diutak atik kok.. mereka lebih concern kalau kita bawa liquid atau makanan apa lagi olahan sendiri. kalau bawa barang2 tersebut jangan lupa di declare ya.. :)

      Hapus
    2. ok makasih mba arum atas informasinya. :)
      salam backpacker \m/

      Hapus
  85. mba arum mau tanya, itu kok dapet harga tiketnya murah ya, biasanya dapat harga murah itu sekitar bulan apa ya, soalnya saya cek di airasia harga untuk april thn 2015 itu sekitar 3jutaan. mhn infonya ya, soalnya aku tertarik banget pengen ke jepang. makasih,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantau terus website AirAsia. Mereka sering ada promo. Untuk Oktober ini aku dapet Jakarta-Tokyo 1.3 juta.. :)

      Hapus
  86. Mba itu yang open trip april 2015 saya rencana mau ikutan mba..
    Kalau saya mau tanya2 bisakah melalui BBM atau line? Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan kontak di line: arum140485, atau add pin BB ku :7504192F. :)

      Hapus
  87. mba, kalo anak 3 tahun perlu bayar lagi apa ngga ya di hostel? apa cukup bayar 2 orang saja (saya & suami)? thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung kebijakan masing masing hostel mba.. Biasanya kalau ada anaknya, harus pesan satu kamar sendiri. Jadi kalau kamarnya modelnya dormitory isi 4 berarti harus bayar 4 orang. Supaya gak mengganggu tamu yang lain. kalau menurut saya sih, sebelum booking, email hostelnya dulu saja mba.

      hope it helps :)

      Hapus
  88. halo mba arum kenalin sy maya, mba sy mau.nanya banyak soal visa.

    Kalo misalnya sy berencana numpang di tempat teman beberapa hari lalu menginap di hostel apa sy harus melampirkan surat undangan pd saat membuat visa? Ap juga harus disertai bukti keuangan teman saya itu? Padahal kan dia hny menyediakan akomodasi sj mba?
    Ato kalo sy tulis di itin menginap di hostel tanpa ada bukti pemesanan hotelnya kira kira visanya akan tembus gak ya mba? Apa mba punya pengalaman seperti itu atau ada info mengenai itu?
    Terima kasih banyak mba arum sebelumnya :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mba maya,,

      kalau untuk jenis visa kunjungan atas undangan teman aku kurang begitu paham. Mungkin bisa hubungi bagian Visa kedutaan Jepang Tel: +62-21-31924308.

      Kalau untuk hostel, harus dicantumkan di formulir mengenai nama hostel, alamat, nomer telp supaya nanti pihak kedutaan bisa mudah mengecek. Dan untuk lebih memastikan aku lampirkan bukti pemesanannya.. :)

      Semoga bisa membantu ^_^

      Hapus
  89. hallo mba, keren banget infonya buat jadi referensi.. aku udah lama pengen banget ke jepang nih ucah lama nabung tapi selalu gagal karena uangnya ke pake hahahaha :P.. denger denger mba arum mau open trip 2015? aku tertarik bgt nih buat gabung (semoga lg ga nyusun skripsi deh ) kalo boleh mau minta info lebih lanjut soal trip itu mba hehehe :)).. domo :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan cek disini ya ===> http://arumisdreaming.blogspot.com/2014/08/pikkunikku-dreamy-japan-trip-2015.html

      Semoga bisa bergabung..

      silahkan kontak di line: arum140485, atau add pin BB ku :7504192F. :)

      Hapus
  90. Salam kenal Kak. Saya Earlyta dari Kota Bogor. Kak, saya pingin banget ke Jepang tapi saya msh bingung apa yang harus saya lakukan terlebih dahulu. Bikin visa dl yah Kak? Kakak kpn ke Jepang. Boleh gabung bareng kak. Saya bnr2 pngn ke Jepang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Earlyta,

      Langkah pertama buat paspor, kemudian buat rencana perjalanan sesuai anggaran yang ada. Siapin semua yang diperlukan: tiket pesawat, hotel dan transportasi. Setelah semua beres baru apply visa deh.. :)

      Kalau mau info lebih jauh tentang Pikkunikku Dreamy Japan Trip silahkan kontak di line: arum140485, atau add pin BB ku :7504192F. :) Trip ini akan diadakan 2 kali per tahun yaitu bulan April dan November mulai tahun depan. ^_^

      Hapus
  91. liat daftar harga yang terjangkau,saya jadi pengen tour ke Jepang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau info lebih jauh tentang Pikkunikku Dreamy Japan Trip silahkan kontak di line: arum140485, atau add pin BB ku :7504192F. :) Trip ini akan diadakan 2 kali per tahun yaitu bulan April dan November mulai tahun depan. ^_^

      Hapus
  92. @_@ we o we
    perkiraanku 9jt itu cuma buat 2 hari sist ternyata bisa ampe 12 hari
    aarrrgh jadi pengen kesana secepatnya >:o
    btw thanks sis berguna banget infornya :D

    BalasHapus
  93. Pengen banget ke sana. Klu ada yg mau ke japan pas libur lebaran thn depan ane ikut, soalnya g ada barengan temen yg bisa diajak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan kalau ada yang mau gabung luthfan :)

      Hapus
  94. Waaaah berarti kalau sekitar 4 hari cuma 1/3 nya ya :) makasih infonya. Oiya sekalian share kalau ada kontes berhadiah Tour ke Jepang gratis dari HIS. Kunjungi balik blog-ku untuk detailnya ya ^_^
    chalwoo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thx infonya sist..

      Btw hitungannya bukan kalau 4 hari : 1/3 nya.. Kalau 4 hari di tokyo dengan biaya tiket yang sama mungkin sekitar 6-7 juta ^_^

      Hapus
  95. Kalau bulan februari awal-pertengahan musim aapa ya min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih musim dingin, dibeberapa tempat masih turun salju..

      Hapus
  96. Misi admin
    Denger2 bikin open trip ke jepun ya 2015?
    Bole ikutan?
    Barusan aja aku add bbmnya, kalo bole, tolong diacc ya, makasih
    Btw, infonya oks bgt >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear, Harusaku

      Nick namenya apanya? di bbm saya belum ada harusaki :(

      Kalau mau info lebih jauh tentang Pikkunikku Dreamy Japan Trip silahkan kontak di line: arum140485, atau add pin BB ku :7504192F. :) Trip ini akan diadakan 2 kali per tahun yaitu bulan April dan November mulai tahun depan. ^_^

      Hapus
  97. wahhh.. mau donnnggg, murah.. seru lagii..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau info lebih jauh tentang Pikkunikku Dreamy Japan Trip silahkan kontak di line: arum140485, atau add pin BB ku :7504192F. :) Trip ini akan diadakan 2 kali per tahun yaitu bulan April dan November mulai tahun depan. ^_^

      Hapus
  98. Terimakasih kak atas share infonya yg sangat berguna..kebetulan taun depan saya juga mau ke Jepang untuk mengunjungi teman saya di Shizuoka-ken...

    BalasHapus