Dreamy Backpacker: Bertualang di Jepang bersama Willer (updated)

23/12/14

Bertualang di Jepang bersama Willer (updated)


sumber: dimo.jp

Salah satu cara murah untuk melakukan perjalanan antar kota di Jepang adalah dengan Bus. Nah, yang paling murah dan gampang dipesan adalah Willer bus. Bus yang satu ini melayani lebih dari 20 rute antar kota di Jepang. Rute yang paling populer antara lain Tokyo-Osaka-Kyoto, Tokyo-Aomori, Kyoto - Hiroshima. Bus ini memiliki bermacam-macam tipe yang berbeda dilihat dari fasilitas yang dimiliki. Tiket yang paling mahal biasanya untuk bus yang memiliki fasilitas paling lengkap seperti tipe New Premium Single dengan fasilitas kursi yang cukup lebar, WiFi, stop kontak, selimut. Harga tiketnya berkisar 2 sampai 3 kali lebih mahal dari bus tipe Standard.


Cara untuk membeli tiket bus ini adalah melalui internet (www.willerexpress.com) atau telephone dengan metode pembayaran kartu kredit atau lewat convenience store.

Walaupun terkadang ada promosi last minute discount, yaitu apabila jadwal keberangkatan kurang dari 7 hari, harga tiket didiskon, tapi sangat disarankan bagi pejalan yang berkelompok (grup)  untuk membeli jauh - jauh hari untuk mengurangi resiko kehabisan tiket. Reservasi dibuka 3 bulan sebelum keberangkatan.

Satu trik yang sering aku lakukan untuk mendapatkan harga terbaik dan berhemat adalah membeli tiket untuk keberangkatan di hari kerja yang biasanya lebih murah dari pada akhir pekan dan memilih bus overnight. Walaupun bus yang berangkat malam hari lebih mahal dari pada bus siang, tapi sebenarnya lebih irit karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk penginapan.   

Berikut aku coba jabarkan cara reservasi online willerbus.

1. Buka laman www.willerexpress.com. Masukkan data reservasi seperti origin (asal) dan destination (tujuan), departure date (tanggal keberangkatan), number of passanger (jumlah penumpang). Kemudian klik tombol Search.



























2. Di Halaman "Select Bus", pilih bus sesuai dengan fasilitas yang diinginkan dan perhatikan jam keberangkatannya. Secara garis besar terdapat 2 waktu keberangkatan, day time (siang hari) dan overnight (malam hari). Setelah memilih, klik tombol "select".



3.  Laman selanjutnya adalah "Select Route Portion/ Number of Passager". Di laman ini, pilih lokasi naik bus dan turun bus. Kalau untuk Tokyo, aku lebih condong pilih WBT Shinjuku, karena cukup mudah untuk ditemukan, dan area menunggunya cukup memadai. Kemudian pilih jumlah penumpang, apakah dewasa, pelajar atau bayi. Kemudian pilih Next



4.  Kemudian pilih tipe tiketnya dengan mengklik "Select".

5. Kadang terdapat pilihan paket wisata di kota tujuan. Contohnya pada reservasi di bawah terdapat paket wisata Osaka Castle 3D mapping. Jika tidak berminat, langsung saja klik tombol "forward without option".


6.  Di laman konfirmasi ini, periksa sekali lagi detail pemesanan, terutama tanggal, tipe bus, jumlah penumpang dan harga. Apabila sudah sesuai klik tombol "add to shopping chart".



7. Klik tombol "reserve".


8. Masukkan semua data yang diperlukan dan harus sesuai dengan identitas di paspor. Khusus untuk nomor telepon, tidak bisa menggunakan nomer Indonesia. Biasanya aku menyantumkan nomor penginapan di kota keberangkatan. Kemudian, isi data penumpang. Apabila terdapat lebih dari satu penumpang, masukkan semua nama penumpang. Selanjutnya masukkan alamat email aktif. Email ini nantinya diperlukan untuk pengiriman konfirmasi reservasi. Apabila ingin mengirimkan ke lebih dari satu nomor telepon.


Catatan Tambahan:

Apabila penumpang lebih dari satu, pada bagian "Please select a primary contact" pilih "the primary contact and the subscriber is different" dan isi masing - masing nama penumpang. Apabila nama penumpang terdiri dari 3 kata atau lebih, masukan kata pertama di first name dan kata selanjutnya di family name dan tanpa spasi.



9. Selanjutnya adalah pilih cara pembayaran melalui kartu kredit maupun Lawson. Kali ini aku pilih menggunakan lawson.

10. Pemesanan selesai.Konfirmasi reservasi akan dikirim ke email yang dituliskan sebelumnya.

Email konfirmasi pemesanan


---
Note: Untuk pemesanan lebih dari 1 penumpang. Nama yang tercantum di email hanya 1 kontak utama (primary contact), namun akan disebutkan jumlah penumpangnya.

CARA PEMBAYARAN LEWAT LOPPI DI LAWSON


Semoga berguna ^_^

Kalau ada pertanyaan, silahkan post komentar di bawah. Arigatou :) 


62 komentar:

  1. salam perkenalan, Murah juga ya naik willerbus... blh cuba next time ke jepun lg...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal, terima kasih sudah membaca ^_^

      Hapus
  2. Bener bener menarik
    Saya jd bersemangat pengen ke jepang

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal, terima kasih sudah membaca ^_^

      Hapus
  3. Suer baru tau ini willer setelah baca blog ini, next trip kita coba..

    Jika pecinta travelling boleh gabung sama kita jika agan berkenan,
    Kita ada program poin reward untuk member traveller yang komentar, membuat topik, dsb

    Kegunaan poin ini?
    Bisa di tukarkan dengan pulsa, kaos, booking hotel/penginapan, paket liburan dll..

    - Daftar gratis,
    - Tidak ada pungutan biaya apapun
    - Tidak ada limit poin komentar/topik/dll..

    Lebih jelasnya check this out.. http://www.expedizi.com/topic/program-expedizi-poin

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Maaf mbak, numpang nanya :D
    Berencana kesana bulan mei, tp amsih deg2an visa belom apply, takut gak di approve, padahal tiket dah ready
    Rencana awal mau nuker paspor biasa jd epaspor tp imigrasi manapun lg gak bisa, wassalam

    Jadi ini pertanyaannya,,,,,
    1. Itu kalo pake biaya sendiri, masih perlu bikin surat sponsor gak sih? Pas googling kayanya bbrp tetep bikin?
    Nah kalo misalkan tetep harus bikin, tuh kop surat berubah jd english gak nama kantornya, secara kan isinya kudu english??

    2. Trus tu isi form bisa pake bahasa indonesia ya? Address pake bahasa jalan bla bla bla gitu? Nama kantor kayanya punya mbak jg diisi pake indonesia ya??

    terimikisih bantuannya, sekian dl nanya2nya, besok kalo bingung nanya lagi *nanyamulu* ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku coba jawab ya...
      1. Kalau pake jasa agen perjalanan, biasanya tetap diminta surat dari kantor. Tapi kalau bikin sendiri, aku nggak pernah dimintai. Kalau untuk nama kantor, ga usa di ubah ke bahasa inggris.

      2. pake bahasa indonesia atau inggris ga masalah. Kl address yang di Jepang, diisi sesuai dengan alamat hotel.

      semoga membantu :)

      Hapus
  6. Hallo, aku mau tanya dong. Aku kesulitan untuk booking bus willer dgn menggunakan CC karena di akhir selalu ga bisa dgn tulisan "The payment is failed. Please reserve again later"

    Saya mau beli tiket tokyo ke kyoto. Nah pas masukin detail bayar pake CC cuma ada kolom untuk nomer CC sdan exp date saja. Sedangkan biasanya kalo pembayaran pake CC selalu ada kolom untuk nama pemegang CC dan no CVV (3 digit dibelakang kartu).

    Saya harus beli bus ini soalnya masuk dr tokyo dan pulang dr osaka.
    Kemudian kalo beli lgsg di kantor willer jg tidak bisa katanya disuruh pesan online juga.

    Mohon bantuannya yah mba...

    Terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saya bantu pesankan. Add Pin BB aja..atau whatsapp di 085813453262. fees applies. :)

      Hapus
    2. Malam Mbak, terimakasih ya Mbak untuk rincian detail mengenai pemesanan willernya, mbak ada yang mau saya tanyakan. saya kan pergi ber 4 sama temen. sewaktu saya coba reserve 4 seat gitu, untuk harga penumpang pertama tetap 4880, nah untuk penumpang kedua lebih mahal jadi 5000 an gitu nah ampe penumpang ke empat makin mahal, itu saya salah dimana ya Mbak ?
      atau memang harus pesen satu satu ya mbak jadinya dapet 4880 semua penumpang ?
      Mbak kemudian untuk penentuan nomor duduknya itu kapan ya Mbak ? mohon sarannya Mbak, trimakasih

      Hapus
    3. Harga untuk kursi memang tidak sama. Jadi penumpang pertama dapat yang paling murah, dan penumpang selanjutnya mengikuti. jadi kursi yang tersedia dengan harga itu ada kuotanya kalau ga salah. jadi walaupun pesannya dipisah - pisah belum tentu juga dapat harga yang sama. :)

      Hapus
  7. Salam kenal mba,mau Tanya untuk pemesanan tiket bus harus jadi member atau non member juga bisa ya? Apabila pembayaran dengan menggunakan CC menghadapi kendala seperti diatas apakah otomatis pemesanannya cancel dan harus pesan ulang lagi mba?
    Untuk konfirmasi pemesanan via email itu hanya dibutuhkan jika pembayaran langsung di jepang (lowson) ataukah untuk melakukan pembayaran dengan CC juga harus menunggu konfirmasi email?
    Untuk pembayaran dengan CC jika menggunakan CC orang lain, misalnya CC orang tua bisa tidak ya mba?
    Maaf banyak pertanyaannya, Terima Kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. non member juga bisa, tapi kekurangannya kalo non member kalau ada masalah ama reservasi, ga bisa diretrieve dan harus ngulang dari awal.
      kalau untuk lawson, akan ada email konfirmasi untuk pembayaran tapi kalau untuk pembayran pake CC nggak.
      pembayran dengan CC tidak masalah pakai CC orang tua atau siapapun.

      semoga cukup membantu :)

      Hapus
  8. Salam kenal,
    Ada beberapa hal yg mau saya tanyakan :
    1.kalau mau pesan tiket Willer Express apakah harus punya visa dulu,ticket sudah ada
    2.Berapa bulan sebelumnya saya bisa pesan,krn sudah bolak balik saya coba tetap tidak bisa,apakah tunggu 3 bulan sebelum keberangkatan?Misalnya 2 April, pemesanan 2 Januari dst
    Terima kasih utk bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi...
      maaf baru balas..
      1. Pesan willer tak perlu visa terlebih dahulu.
      2. Yup, pemesanan willer hanya dibuka 3 bulan sebelum hari H. Seumpamanya mau naik tanggal 9 april, maka baru bisa pesan 10 januari. :)

      Hapus
  9. Salam Kenal Sist Arum, :)
    mau tanya nih sist, kalau pembyaran lewat lawson deadline pembayarannya h-7 yah? kalau misalkan baru tiba di japan h-3 dari keberangkatan bus willer bagaimana pembayarannya yah? *selain pakai CC maksudnya
    Arigatou :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. deadline pembayarannya hari itu juga... maksimal jam 12 malam kalau tidak salah.
      kalau tibanya h-3, setibanya di bandara atau hostel langsung pesan di web aja trus bayar lewat lawson terdekat. ^_^

      Hapus
  10. Halo mbak. Mau tanya, bagaimana jika nama penumpang terdiri dari 3 suku kata yg mana tidak ada family name nya. ex: nama saya = Muchamad Chaerul Umam. Saya coba booking kok hanya bisa dari dua suku kata aja ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba masukkan Family Name : Umam, First name : MuchamadChaerul. Biasanya trik ini berhasil..selamat mencoba :)

      Hapus
  11. halo mbak, terima kasih atas info nya. Saya sudah purchase tiket willer dari Kyoto ke Tokyo. Hanya saja teman saya ini namanya hanya satu kata, misalnya Andy. apakah boleh Family name dan Surname nya saya isi Andy-Andy?

    Untuk tiket nya apakah harus kita tukar atau kita print out mba?

    anw untuk nmr hape kan saya masukin nmr indo, nah tapi dia maks hanya 11 dan nmr saya 12 angka. akhirnya saya hapus angka 0 di depan dan mulai dari angka 8, apakah tidak masalah ya?

    BalasHapus
  12. Hi, Novi
    Gak masalah namanya diulang, nanti pas check in tidak terlalu diperhatikan sama petugasnya. Tapi seandainya ditanya bilang aja bahwa namanya cuma Andy

    untuk reservasi tidak perlu diprint tapi untuk kemudahan lebih baik diprint atau dicatat No. reservasinya, no. Busnya, dan detail keberangkatan. dan jangan lupa untuk cetak denah terminal/halte busnya, karena kadang lokasinya cukup membingungkan.

    Pihak willer sepertinya tidak akan menghubungi via telp, jadi bisa masukin nomor apa saja ga masalah. Yang penting jangan sampe salah memasukkan email.

    Semoga berguna ya infonya ^_^

    BalasHapus
  13. halo mbak, bisa ga ya kalo beli tiket willer di pagi hari melalui internet untuk keberangkatan malam hari? lebih murah kalau beli hari itu juga atau jauh hari sebelumnya? lalu tempat penjemputannya dmn? saya stay di asakusa soalnya.. terima kasih

    BalasHapus
  14. lebih baik beli jauh hari sebelumnya karena ada early bird discount :)
    Tempat penjemputan tergantung pilihan kita. Untuk Tokyo paling nyaman di Shinjuku. ^_^

    BalasHapus
  15. hai agak bingung nih,setelah kita pesan online kita mesti tukar tiket online dengan tiket asli dulu ya di shinjuku? dan karena kita berangkat dari ikebukuro st. terus dari shinjuku stelah kita tukar tiket online menjadi tiket asli baru kita bisa naik bis di ikebukuro. begitu ya? mohon dijawab ya.. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Keyra

      Setelah dapat konfirmasi via online langsung diprint dan pada hari H untuk keberangkatan dari ikebukuro langsung ditunjukkan ke sopir busnya. Di st ikebukuro hanya merupakan halte bus biasa. tidak ada ruang tunggu dan petugasnya.

      btw thanks udah mampir blogku

      Hapus
  16. It really helps! Thank you.

    BalasHapus
  17. halo mba, saya sdh coba beli online tiket willer busnya tp stuck d password,

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo ka arum, salam kenal..

      iya saya juga coba untuk register new member tp stuck di password.
      kenapa ya ka? boleh bantu..

      terima kasih.

      Hapus
    2. silahkan capture permasalahan ke email dreamy.tm@gmail.com

      Hapus
  18. Mba kok sy ga bisa menulisakan nama penumpang lainn nya ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. akan saya update ya tulisannya untuk cara penulisan penumpang lain :) thanks 2 reading

      Hapus
  19. iya saya juga, gimana ya masukin nama penumpang lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. akan saya update ya tulisannya untuk cara penulisan penumpang lain :) thanks 2 reading

      Hapus
  20. Permisi mbak, bayar di lawson nya itu di jepang ya mbak? kalau kita mau beli ditempat sebelm kita berangkat bisa gak mbak? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. khusus untuk willer tidak ada penjualan di konter. hanya bisa dilakukan online saja. apabila mau beli langsung dengan keberangkatan dari Tokyo, beberapa operator lain menjual tiket di Express Bus Terminal Shinjuku.

      Hapus
  21. halo mau tanya ini nomor booking willer nya harus di print ga ya? besok saya akan pergi ke jepang dan suda membeli tiket bus willer cuma saya takut harus diprint. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya tidak perlu diprint. cukup ditunjukkan email saja. Tapi aku sarankan untuk diprint untuk jaga2 siapa tahu gadgetnya mati. :)

      Hapus
  22. mau nanya, kalau willer day pass, apakah harus book jg utk tempatnya?ada kah urutan cara nya utk day pass?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk beli tiket willer day pass bisa di link ini ----> http://willerexpress.com/st/3/en/pc/buspass/index.php?aid=184#buy
      kemudian setelah mendapatkan willer day pass, WAJIB booking seat caranya bisa di lihat di link ini ----> http://willerexpress.com/st/3/en/pc/buspass/booking.php?aid=184

      Hapus
  23. mau tanya,, klo sudah membooking online,, apakah kita harus menukar tiket dikantor willer dijepang sana,, ataukah cukup menunjukkan konformasi email saja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu ke kantor Willernya, cukup tunjukkan email konfirmasinya kepada sopir bus. Perlu diperhatikan nomor bus dan jam keberangkatan.

      Hapus
  24. Mo tnya mba,misal klo orng laen yg beliin pk cc trus untk nama passenger udah kita isi,nah wktu trima confirmny yg nama dibawah tu penumpangnya kan?yg ada kanji ma nama di bawah....soalny tkt salah subscrib ma primary contact kan beda ini..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada bagian "Please select a primary contact" pilih "the primary contact and the subscriber is different" dan isi masing - masing nama penumpang.

      Pemesanan willer bisa menggunakan cc orang lain. aku sering kok reservasi buat orang lain.

      Hapus
  25. Mo tnya mba,misal klo orng laen yg beliin pk cc trus untk nama passenger udah kita isi,nah wktu trima confirmny yg nama dibawah tu penumpangnya kan?yg ada kanji ma nama di bawah....soalny tkt salah subscrib ma primary contact kan beda ini..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada bagian "Please select a primary contact" pilih "the primary contact and the subscriber is different" dan isi masing - masing nama penumpang.

      Pemesanan willer bisa menggunakan cc orang lain. aku sering kok reservasi buat orang lain.

      Hapus
  26. Kak..perkenalkan saya Nita.
    Kak, saya ada kesulitan memasukkan nomor HP di pemesanan willer. seharusnya bagaimana cara penulisan nomor HP yg benar ya kak?

    Mohon info selanjutnya. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba masukkan dengan kode negara sis.. contohnya 62856454456. kalau aku karena gagal pakai nomor HP makanya pakai nomor kantor 021xxxxxxxx. berhasil setelah aku coba.

      Hapus
  27. hai kak arum salam kenal.
    saya mau beli tiket willer online.. tp waktu register new member kok gak bisa terus yah?? ada yg mengalami problem yg sama kayak saya? solusinya gimana? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada notifikasinya apa sis? silahkan hubungi whatsapp aku aja kalau masih ada masalah

      Hapus
  28. Mba.. bis willer di kyoto berhentinya di front of centnovum hotel... jauhkah menuju kyoto tower bagaimana mencari petunjuk jalannya.. apakah pemberhentian bus tsb seputar kyoto station...

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahuku Centnovum itu seberang belakangnya Kyoto Station, jadi kalau mau ke Kyoto Tower tinggal masuk ke Kyoto Station dan keluar dari Central Exit. Letak Kyoto Tower di seberang depannya Kyoto Station ^_^

      Hapus
  29. Lucky Abdullah26 Juli 2017 23.17

    Mohon maaf sebelumnya, bisakah dibantu memesan willer express? soalnya ndak punya kartu kredit nih,
    Boleh sy hubungi via WA? tentu sy bisa tambahkan fee nya juga
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Whatsapp saja ke 085813453262

      Hapus
  30. hi mba, mau tanya dong, naek bis willer ini sudah termasuk bagasi khan yah ? kalau sudah termasuk, ada maximal luggage yang diperkenan kan gak yah ? thanks in advance

    BalasHapus
  31. Mba, saya mau tanya untuk pembelian willer expres ada paketan tokyo-kyoto-osaka harganya lebih murah dibanding harga one way. Bagaimana caranya ya mba untuk memesan yg paket. Rencana saya dari kyoto ke tokyo lalu ke osaka. Terima kasih

    BalasHapus
  32. mba pas mau masuk bis dliat ga paspornya?soalny nama sy ada 3 suku kata tapi saya cm masukin 2 suku kata. gpp ya?

    BalasHapus